berakhlak bangga melayani bangsa

  • Selasa, 25 Juni 2024

SIDANG ISTIMEWA LAPORAN TAHUNAN MAHKAMAH AGUNG 2024


Ketua Pengadilan Negeri Ketapang yaitu YM Ega Shaktiana, S.H., M.H. menghadiri kegiatan Sidang Istimewa Laporan Tahunan Mahkamah Agung pukul 09.00. WIB di ruang Plennary Hall Jakarta Convention Centre. Sidang tersebut dipimpin oleh Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia yaitu YM Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H.

Laporan Tahunan (Laptah) Mahkamah Agung merupakan agenda tahunan Mahkamah Agung yang dilaksanakan di setiap awal tahun. Kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan capaian kinerja yang telah dilakukan oleh Mahkamah Agung selama setahun sebelumnya. Laporan tahunan kali ini bertema "Integritas Kuat Peradilan Bermartabat".

Kegiatan juga ini dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, para Ketua Kamar Mahkaamh Agung, Hakim Agung, Hakim Adhoc, Ketua Mahkamah Agung Malaysia, Ketua Mahkamah Agung Singapura, Ketua Mahkamah Agung Kuwait, Wakil Ketua Mahkamah Agung Qatar, Delegasi Sudan, Delegasi Australia, Delegasi China, dan Delegasi Rusia. Turut hadir pula para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Jaksa Agung, Panglima TNI, Kepala Kepolisian RI, para duta besar negara sahabat, para purnabakti pimpinan Mahkamah Agung, para Ketua Pengadilan Tingkat Banding, para Ketua Pengadilan Tingkat Pertama, dan undangan lainnya.

Pada Sidang Istimewa ini, Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H.  menyampaikan bahwa telah terjadi percepatan terwujudnya sistem peradilan elektronik bagi semua jenis perkara dan semua tingkat peradilan. Dari tahun 2021 hingga tahun 2025 namun faktanya pada tahun 2022 sistem peradilan elektronik sudah dapat diimplementasikan bagi semua perkara dan semua tingkat pemeriksaan. Ini merupakan sebuah lompatan yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya, namun dengan kesungguhan dari segenap aparatur Mahkamah Agung Republik Indonesia dan badan peradilan di bawahnya. Selain itu Ketua Mahkamah Agung RI juga menyampaikan proses penanganan perkara selama 2023, capaian- capaian Mahkamah Agung RI dan badan peradilan di bawahnya, dan lain-lain. Acara Laporan Tahunan ini terbuka untuk umum dan masyarakat Indonesia dapat menyaksikannya secara langsung melalui kanal youtube Mahkamah Agung.

Berita Lainnya